Sabtu, 01 Juni 2013

Cara Menghemat Air

Air sumber kehidupan
Cara Menghemat Air
Beberapa langkah kecil dapat kita lakukan untuk menghemat air dimulai dari lingkungan kita sendiri yaitu lingkungan keluarga kita masing masing, Kita  berharap langkah kecil ini bisa menjadi langkah nyata dan dapat dapat menghemat pemakaian air setiap hari, apabila hal ini banyak yang mengerti dan banyak yang melakukan maka kita dapat melakukan penghematan pemakaian air cukup banyak.
Air merupakan sumber kehidupan, tanpa air semua kehidupan dibumi tidak terbayang apa jadinya. Kerena sangat pentingnya air sebagai salah satu sumber kehidupan maka kita perlu mengetahui cara penghematannya dan melindungi sumber mata air dari berbagai pencemaran lingkungan.

Menanam pohon dengan penuh kesadaran adalah salah satu cara menyelamatkan sumber air dari pencemaran dan kelangsungan kehidupan di bumi, semakin banyak pohon ditanam dilingkungan sekitar kita semakin banyak air yang terkandung didalam tanah dan semakin bersih pula udara yang kita hirup sehingga menjadi salah satu sumber kesehatan kita.

Pemanfaatan air tanah yang berlebihan sebagai sumber mata air saat ini tidak diimbangi dengan pemeliharaan sumber mata air itu sendiri, sehingga kesehatan kita terganggu dikarenakan mengkonsumsi konsumsi air yang tidak layak dan tidak sehat karena ulah kita sendiri. Untuk itulah kita perlu menghemat air bersih yang dapat kita lakukan dari dalam keluarga kita yaitu dengan berbagai cara diantaranya:

1. Membiasakan mandi dengan memakai gayung yang kecil atau lebih baik lagi menggunakan air yang dikocorkan atau memakai pancuran atau shower. Hampir 50% pemakaian air untuk kebutuhan sehari-hari dan terbuang percuma dipakai untuk mandi, dengan mengetahui cara mandi yang menghemat air tentu kita berharap dapat menghemat air lebih banyak lagi. Hal ini dapat menghemat air jauh lebih banyak dibandingkan apabila kita mandi menggunakan gayung dimana sekali mengambil air bisa lebih dari satu liter, banyangkan berapa air yang terbuang bila kita mandi sebanyak 2 kali sehari dengan dengan 4 anggota keluarga.


2. Sediakan dikamar mandi gayung yang dilubangi disamping bawah sebagai tempat wudhu. Sejujurnya inilah yang menginspirasi saya untuk menulis artikel ini, dengan mengadopsi prinsip berwudhu yaitu dari ujung rambut sampai ujung kaki menjadi bersih hanya dengan sedikit air. Selain untuk berwudhu bagi yang muslim ternyata hal ini juga sangat membantu bila kedua tangan kita kotor dan akan dibersihkan. Hanya dengan meletakkan gayung di pinggir bak air sudah keluar dengan sendirinya dan kita lebih leluasa membersihkan kedua tangan kita yang kotor.

Melubangi gayung cukup mudah dengan hanya memakai obeng atau paku yang dipanaskan pada kompor atau lilin kemudian obeng atau paku tersebut ditusukkan maka gayung yang terbuat dari plastik sudah terlubangi, jika belum jelas lihat gambar dibawah bagian gayung yang akan dilubangi.

gayung wudhu
Gayung Air


3. Tampung air bekas cucian piring dan sebagainya yang masih layak untuk dipergunakan lagi baik untuk mencuci lap kotor atau sekedar untuk mendinginkan halaman yang terkena terik sinar matahari agar debu tidak beterbangan atau dapat dipergunakan untuk membuang kotoran setelah buang air besar, hal ini jelas lebih hemat dari pada menggunakan air bersih untuk menyiramnya.

4. Mencuci sepeda dan sepeda motor hendaknya dengan menyediakan air didalam ember yang bisa untuk memebersihkan lap secara berulang-ulang, jika memang sudah terlalu kotor barulah diganti airnya dengan yang bersih, ini jauh menghemat air yang kita pakai dari pada kita memakai gayung atau air yang disemprotkan.

5. Jika kita memakai kran air yang airnya langsung terbuang tanpa penadah, hindari pemutaran kran sepenuhnya untuk penghematan, putar secukupnya saja dan tutup kembali bila sudah selesai dan jangan biarkan air terus terbuang atau menetes tanpa kita sadari.

Sedangkan untuk pemeliharaan kwuaitas air yang ada dilingkungan kita adalah dengan menanam pohon di halaman atau teras agar udara juga menjadi bersih dan sehat. Mengusahakan agar air hujan mudah terserap kedalam tanah dan tidak langsung mengalir keselokan dengan membuat lubang-lubang kecil sebagai resapan air sehingga kandungan air dalam tanah cukup tinggi dan memperbaiki menjaga kwalitas air tanah.

Banyak sekali manfaat yang kita ambil bila kita bisa menghemat air diantaranya adalah biaya yang jelas lebih murah dengan penghematan tagihan listrik yang ringan jika kita memakai tenaga listrik untuk mengambil air, atau kita juga semakin ringan dan hemat tenaga jika kita mengambil air dengan tangan kita sendiri karena air mudah didapat.

Dengan menghemat dan memelihara sumber air untuk generasi kedepan kita berharap bisa menciptakan generasi penerus yang lebih baik dan dapat menjaga bumi agar tetap hijau serta kaya dengan sumber daya alam.

Itulah beberapa Cara Menghemat Air yang dapat kita lakukan dalam keluarga kita, Kita berharap ada perubahan yang nyata dari pemakaian air yang berlebihan dan memulai penghematan air dari lingkungan kita mulai saat ini demi generasi kedepan.

Terima kasih dan semoga ada manfaatnya.


1 komentar:

  1. Menangkan Jutaan Rupiah dan Dapatkan Jackpot Hingga Puluhan Juta Dengan Bermain di www(.)SmsQQ(.)com

    Kelebihan dari Agen Judi Online SmsQQ :
    -Situs Aman dan Terpercaya.
    - Minimal Deposit Hanya Rp.10.000
    - Proses Setor Dana & Tarik Dana Akan Diproses Dengan Cepat (Jika Tidak Ada Gangguan).
    - Bonus Turnover 0.3%-0.5% (Disetiap Harinya)
    - Bonus Refferal 20% (Seumur Hidup)
    -Pelayanan Ramah dan Sopan.Customer Service Online 24 Jam.
    - 4 Bank Lokal Tersedia : BCA-MANDIRI-BNI-BRI

    8 Permainan Dalam 1 ID :
    Poker - BandarQ - DominoQQ - Capsa Susun - AduQ - Sakong - Bandar Poker - Bandar66

    Info Lebih Lanjut Hubungi Kami di :
    BBM: 2AD05265
    WA: +855968010699
    Skype: smsqqcom@gmail.com

    BalasHapus

 
Copyright © . Tips Motivasi dan Inspirasi - Posts · Comments
Theme Template by BTDesigner · Powered by Blogger