Sabtu, 20 April 2013

Tips Membeli Komputer Rakitan

tiips memilih komputer rakitan
Komputer Rakitan
Tips Membeli komputer Rakitan.

Sebenarnya jika kita tidak mau repot dan pusing apalagi banyak uang maka pilihan kita lebih baik memilih komputer Built Up atau Branded yang sudah teruji dan lewat QC pabrik.
Tetapi jika kita ingin belajar dan tau banyak tentang hardware komputer maka dengan membeli komputer rakitan adalah yang terbaik menurut penulis. Banyak ragam yang ditawarkan jika kita inggin merakit sebuah PC (Personal  Computer). Tetapi hal ini akan sedikit membingungkan bagi sebagian orang yang tidak mempunyai pengetahuan dalam membeli komputer rakitan. Tidak jarang dalam membeli sebuah komputer kita tidak memahai  spesifikasi (speck) komputer yang kita beli. Kelebihan kita membeli komputer rakitan adalah kita bisa menginginkan spesifikasi tertentu sesuai dengan kebutuhan kita bukan speck standar pabrik seperti komputer Built Up dan pabrikan.

Ada beberapa tips yang bisa kita lakukan dalam memilih speck komputer sesuai yang kita harapkan tetapi dengan harga yang wajar sesuai dengan kebutuhan yang akan kita pakai. Langsung saja inilah beberapa tipsnya:

1. Tujuan Utama Membeli Komputer

Seringkali kita dalam membeli sebuah komputer hanya tergiur harga yang ditawarkan lebih murah tanpa tau spesfikasi didalamnya, akhirnya kita beli dan hanya selang beberapa lama sudah bosan atau komputer yang kita beli sudah tidak mendukung dengan perkembangan teknologi, celakanya lagi tidak bisa kita ugrgade akhirnya kita jual dengan harga super mmurah untuk beli yang baru. Hal ini perlu diketahui agar kita lebih dapat mengoptimalkan komputer yang akan kita beli.

Pastikan tujuan utama untuk membeli sebuah komputer itu jelas agar kita mudah menentukan spesifikasi yang sesuai dan mendukung dengan tujuan kita membeli komputer, misalnya: Saya membeli komputer hanya untuk mengerjakan tugas sekolah dan bisa dipakai untuk internet, jika tujuan utamanya  cuma itu kita tidak perlu membeli sebuah komputer dengan speck yang terbaru wah sehingga tidak perlu dana yang terlalu tinggi. Karena jelas sekali beda specknya kalau tujuan kita selain mendukung yang diatas juga buat main game dan buat design.

2. Pemilihan MOBO yang tepat.

Dengan dana yang tidak terlalu tinggi kita masih bisa menikmati teknologi terkini dalam memilih komputer rakitan kita, dengan catatan hal yang mendasar menurut saya adalah pemilihan MOBO, ini penting sekali, karena jika pilihan kita salah kita hanya dapat mobo yang lebih malal tetapi teknologinya sudah mentok alias tidak bisa diupgrade sesuai perkembanagan, andai bisapun harus ganti MOBO, Prosesor dan Memory, karena semua itu berkaitan dengan dudukan ataupun slot yang ada pada MOBO. Pastikan anda membeli MOBO yang suport dengan teknologi saat ini supaya kita bisa antisipasi kedepan.

3. Bisa di Up Grade.

Pastikan komputer rakitan yang kita beli bisa di upgrade, baik prosesor, memory, vga dan sebagainya. Tujuanya adalah apabila komputer rakitan yang telah kita beli belum dimaksimalkan kemampuanya karena keterbatasan dana, maka suatu saat bila telah memeiliki dana bisa kita upgrade sesuai dengan apa yang kita harapkan. Misalnya saat ini kinerja komputer sudah mulai menurun bisa kita upgrade prosesornya saja atau tambah memory, dan kita bisa masih bisa menukarkan prosesor kita yang lama dengan yang baru tentunya prosesor lama kita tetap dihargai sesuai dengan harga pasar yang berlaku.
Jadi intinya untuk menaikkan performa sebuah komputer tidak mesti harus ganti baru secara keseluruhan kecuali jika kita bosan dan banyak uang tentu tidak masalah bagi yang berkantong tebal.

4. Memilih Power Supply (PSU) yang baik.

Jangan pernah mengabaikan hal ini, PSU sangat penting sekali karena memasok listrik ke seluruh komponen komputer yang kita pakai. Jika memungkinkan dan ada dana lebih baik membeli PSU yang baik demi kelangsungan komputer kita, karena PSU yang baik akan menjaga komputer kita berjalan lancar. PSU yang jadi 1 paket dengan casing kurang bagus meskipun ada yang bagus tetapi penulis lebih merekomendasikan PSU yang terpisah untuk pemula. Memang terasa mahal tapi sebanding dengan yang kita dapatkan dan kita invest barang kita kedepan agar hardware lebih awet dalam jangka panjang.

5. Tambah Ilmu.

Ini pengalaman pribadi dari penulis. Memang asik kalau kita sedikit tau tentang barang yang akan kita beli sehingga kita bisa mempersiapkan kemungkinan adanya upgrade atau penambahan hardware tertentu, Dengan membeli komputer rakitan kita akan tambah ilmu dan jadi banyak tau. Dimana saya menjadi sedikit demi sedikit faham akan spesifikasi komputer dan dapat menyesuaikan dengan kebutuhan. Sangat disasangkan jika kita punya komputer cuma sekedar bisa pakai tapi tidak tau apa isi dalamya, sedikit masalah langsung ke tukang service, belum lagi biaya dan waktu yang kebuang. Jika kita bisa sedikit tau tentang Hardware komputer pasti beda rasanya dan puas juga memakainya.

Sedangkan pemilihan cassing dan monitor tidak lah begitu signifikan tinggal tergantung budget yang ada dan menyesuaikan saja dengan speck komputer biar tidak berat sebelah.

Itulah beberapa Tips Membeli Komputer Rakitan  yang sangat menarik dan penting menurut penulis dan jangan lupa Tips Memilih Power Supply (PSU) serta Tips Memilih VGA Card sangat penting bila kita hendak membeli sebuah komputer rakitan sesuai dengan keingginan kita.

Semoga bermanfaat.

6 komentar:

  1. nice info salam kenal http://www.fotocopycanon.tk/

    BalasHapus
  2. Nice Info Jangan Lupa Kunjungi Blog Saya http://aikawafaith.blogspot.com/

    BalasHapus
  3. Nice Info jangan Lupa kunjungi Blog Saya http://servislaptopmurahsurabaya.blogspot.com/

    BalasHapus
  4. thanks info gan moga" bermanfaat kunjungi juga http://hypernet.co.id/


    BalasHapus
  5. masukan yang sangat bermanfaat..., terima kasih gan

    BalasHapus

 
Copyright © . Tips Motivasi dan Inspirasi - Posts · Comments
Theme Template by BTDesigner · Powered by Blogger