Senin, 11 Maret 2013

Berhenti Merokok Yuuk!

berhenti dari kebiasaan buruk merokok
Stop Smoking

Begitu sulitkah untuk berhenti merokok?

Mungkin itu pertanyaan sering kita lontarkan kepada orang yang sudah terlanjur jatuh cinta dengan asap rokok, bagi yang tidak merokok dengan mudah akan menjawab tidak sulit. Tapi bagi yang sudah terbiasa merokok akan menjawab sulit dengan cepat namun tidak cepat ambil tindakan untuk mulai berhenti merokok.

Padahal dibungkus rokok sudah ada peringatan akan bahaya merokok "merokok dapat menyebabkan kanker, serangan jantung, impotensi dan gangguan kehamilan dan janin" tetapi tetap saja tak dihiraukan, dari pada hal-hal yang buruk diatas menimpa kita lebih baik kita hentikan kebiasaan buruk itu sekarang, bila terasa sulit ini tips-tipsnya.

Ada 5 Tips Berhenti Merokok yang dapat kita lakukan jika kita memang benar-benar ingin berhenti dari merokok diantaranya:

1. Niat berhenti merokok

Jelas, untuk berhenti merokok kita harus punya niat yang kuat untuk berhenti merokok karena tidak ada yang bisa menghentikan kebiasaan kita itu kalau diri kita sendiri tidak punya niatan yang kuat untuk berhenti merokok, atau kalau bibir kita sudah tidak bisa menghisap rokok. Maka itu lain lagi ceritanya, itu bukan niat tapi karena keadaan yang memaksa untuk tidak merokok.

2. Kenali Bahaya Merokok

Ini mungkin "shock theraphy" atau kejutan buat kita yang ingin berhenti merokok, dengan mengetahui bahaya yang ditimbulkan akibat merokok akan membuat sedikit nyali kita ciut sehingga ada perasaan bersalah dan mulai sedikit demi sedikit mengurangi merokok dan akhirnya berhenti total dari merokok.

3. Mencintai Keluarga Kita

Sepertinya tidak ada hubungannya dengan merokok, tapi ini penting sekali kaitanya dengan keluarga, coba kita lihat orang yang merokok pasti akan memisahkan diri bila lingkungan atau keluarganya tidak ada yang merokok. Dengan kesendirian itu perokok baru bisa menikmati "racun rokok". Hal ini tentu membuat anggota keluarga yang tidak merokok merasa tidak berguna dan tidak ada rasa saling mencintai serta dikalahkan oleh sebatang rokok.

4. Jangan bakar uang Anda

Sebenarnya ini urusan pribadi masing-masing, misalnya kita punya uang banyak, ya.. terserah kita, mau dibakar, dibagikan atau dibuang ketempat sampah terserah yang punya uang. Tapi faktanya adalah bahwa sebagian besar yang merokok itu adalah orang yang ekonominya menengah kebawah. Mereka rela untuk tidak sarapan atau makan pagi asal ada sebatang rokok dan secangkir kopi ditangan. Padahal untuk dapat melakukan aktivitas sehari-hari kita perlu asupan makanan yang baik bukan diganti dengan asap rokok.

 5. Aktif dalam kegiatan.

Jangan biarkan waktu kita banyak terbuang percuma, dengan melakukan aktifitas akan menekan keingginan kita untuk merokok, dengan melakukan hal-hal positif otomatis akan sedikit demi sedikit melupakan merokok, karena biasanya awal dari kebiasaan merokok adalah saat kita santai dan kita berkhayal sambil merokok.


Bila jurus berhenti merokok diatas telah kita kuasai, tinggal tunggu waktu saja mengalahkan musuh utama kesehatan kita. Pilihan tetap pada Anda mau berhenti merokok dan menikmati indahnya hidup sehat atau "dibunuh" pelan-pelah oleh nikmatnya asap rokok dengan berbagai penyakit yang ditimbulkan.

Tanpa asap rokok jelas lebih sehat!
Sebaiknya kita mengenali bahaya merokok agar kiat bersemangat untuk berhenti merokok.
Semoga Tips ini bermanfaat bagi Anda terutama yang susah untuk berhenti merokok.

Terima kasih.



0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © . Tips Motivasi dan Inspirasi - Posts · Comments
Theme Template by BTDesigner · Powered by Blogger