Minggu, 03 Maret 2013

Inspirasi dari Lebah.

belajar hidup dari lebah
Meniru kehidupan Lebah

Hampir semua orang sudah mengetahui bahwa lebah merupakan hewan penghasil madu yang sangat banyak manfaatnya bagi kehidupan manusia, selain penghasil madu sebagai obat alami, lebah juga sangat membantu para petani terutama untuk membantu penyerbukan bunga buah-buahan ataupun tanaman pertanian.

Ada beberapa hal yang bisa kita ambil pelajaran dari kehidupan binatang yang benama lebah ini diantanya adalah:

  • Lebah hanya makan dari makan yang baik.
Lebah adalah binatang yang bersih dan tidak hinggap di sembarang tempat serta hanya mengambil makanan dari bunga yang ada disekitarnya. Sebagai manusia sudah seharusnya kita dapat mencontoh perilaku lebah dalam menjalankan kehidupan kita sehari-hari, terutama dalam mencari rejeki. Kita sering mengabaikan etika dalam mencari rejeki dengan cara yang kurang baik dan cara-cara yang tidak halal, karena apapun yang kita masukkan kedalam tubuh kita dan menjadi daging akan berdampak pada perlaku kita. Sudah sepantasnya kita dapat mencontoh dari lebah dengan hanya memakan makanan yang baik dan dapat menghasilkan hal yang baik pula. Kerena sesuatu yang baik harus dihasilkan dari sumber yang baik pula.

  • Lebah bukan binatang perusak.
Lebah menghasilkan madu dari menghisap tepung sari yang berada pada bunga-bunga dari tumbuhan, namun ada satu hal yang membuat kita takjub adalah bahwa lebah sangat berhati-hati dalam mengumpulkan tepung sari sehingga bunga yang dihinggapi pun tidak rusak. Harusnya kita juga bisa mencontoh dari binatang kecil ini bahwa kita juga bisa menjaga alam ini demi keseimbangan dan tidak serakah apalagi menjadi perusak alam semesta ini.

  • Lebah mempunyai Jati Diri
Seekor lebah tidak akan pernah menyengat seseorang bila kita tidak pernah mengganggunya, sebailiknya jika kita mengganggunya maka sampai mencebur kedalam sungaipun kita akan ditungguinya. Ini menggambarkan bahwa kita sebagai manusia tidak boleh semena-mena terhadap orang lain meskipun mereka lemah, justru kita harus menjadi pelindung bagi yang lemah. 

  • Lebah Menghasilkan Obat Bagi Manusia
Sungguh besar manfaatnya apa yang dihasilkan dari binatang kecil ini, madu mengandung bermacam-macam obat dan kesehatan bagi manusia sudah tidak terbantahkan lagi. Ini adalah keajaiban yang diberikan yang maha kuasa untuk manusia bahwa kita harus belajar dari lebah yang hanya binatang kecil dan tidak menarik tapi memberikan manfaat yang sangat besar bagi kehidupan manusia, sudah selayaknya kita dapat mencontoh lebah, meskipun kita dilahirkan dalam keadaan yang berbeda, tetapi kita sebagai manusia harus bisa memberikan yang terbaik bagi orang lain sesuai dengan kemampuan kita.

Itulah beberapa hal yang yang dapat kita petik dari binatang kecil yang bernama lebah, Dimanapun kita berpijak hendaknya selalu berbuat yang terbaik tanpa mengharap pujian. Semoga kita mengambil pelajaran dan mengambil inpirasi dari kehidupan lebah agar kita menjadi lebih baik dan dapat memberikan bermanfaat yang besar bagi sesama.

Semoga bermanfaat dan terima kasih.


0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © . Tips Motivasi dan Inspirasi - Posts · Comments
Theme Template by BTDesigner · Powered by Blogger